logo
DAFTAR

Kurikulum Berbasis Akidah Islam

Kurikulum pendidikan Khoiru Ummah adalah kurikulum berasaskan Aqidah Islam. Sebab aqidah Islam menjadi asas bagi kehidupan seorang Muslim, baik dalam kehidupan individu, keluarga maupun berbangsa dan bernegara.

Aqidah Islam wajib menjadi standar penilaian bagi setiap muslim. Oleh karena itu semua materi pembelajaran yang diberikan, mulai dari pendidikan usia dini sampai sekolah menengah sesuai dengan aqidah Islam. Pelajaran tsaqofah asing yang bertentangan dengan aqidah Islam tidak diberikan.

Pembelajaran Al Qur’an menjadi materi pokok pembelajaran, mulai dari menghafal Al Qur’an (Tahfizhul Qur’an), membaca Al Qur’an dengan tartil (Tahsinul Qur’an), memahami bahasa Al Qur’an (Bahasa Arab), memahami isi Al Qur’an (Tsaqofah Islam), dan memahami makna lafazh Al Qur’an (Tafsir Al Qur’an). Selanjutnya mempelajari apa yang diperintahkan Al Qur’an, yaitu As Sunnah (Al Hadits) serta kadar-kadar dan manfaat alam semesta ciptaan Allah SWT (saintek).

Kurikulum Berbasis Aqidah Islam, Suatu Keniscayaan Untuk Melahirkan Generasi Pemimpin, Pembangun Peradaban Mulia.

Kurikulum ini merupakan Kurikulum pendidikan yang mampu merealisasikan tujuan pendidikan Islam dan mampu melahirkan “generasi pemimpin pembangun peradaban mulia” adalah kurikulum pendidikan yang berasaskan aqidah Islam. Yakni kurikulum yang merujuk kepada “wahyu” Allah SWT, Sang Pencipta manusia dan alam semesta, juga Sang Pengatur kehidupan yang ada di alam semesta ini.

Aqidah Islam merupakan landasan hidup seorang muslim. Baik dalam kehidupan individu, keluarga, masyarakat maupun kehidupan berbangsa dan beregara. Berdasarkan hal itu, landasan setiap ilmu pengetahuan yang diajarkan pada generasi muslim haruslah merujuk pada aqidah Islam.

Baik itu terkait pengetahuan yang terpancar dari aqidah Islam (seperti aqidah dan hukum-hukum syara’), maupun pengetahuan yang didasari aqidah Islam (sejarah dan ilmu-ilmu lainnya). Yang dimaksud dengan didasari aqidah Islam adalah menempatkan aqidah Islam sebagai standar. Jika bertentangan dengan aqidah Islam, maka seorang muslim tidak boleh mengambil dan meyakininya. Selama tidak bertentangan dengan aqidah Islam, maka seorang muslim boleh mengambilnya.

Oleh karena itu aqidah Islam wajib dijadikan sebagai standar penilaian untuk menentukan materi pelajaran apa yang perlu diberikan pada setiap jenjang usia anak. Mulai dari pendidikan anak usia dini, pra baligh sampai baligh.

Pelajaran tsaqofah asing yang bertentangan dengan aqidah Islam tidak boleh diberikan pada anak yang belum baligh. Sebab tsaqofah asing hanya dipelajari untuk mengetahui dan membongkar kesesatannya, bukan untuk diambil. Oleh karena itu tsaqofah Islamnya harus kuat terlebih dahulu, baru boleh belajar tsaqofah asing. Dengan demikian tsaqofah asing baru boleh diberikan di tingkat perguruan tinggi.

Jenis materi pelajaran yang perlu dipelajari anak sebelum perguruan tinggi, apalagi sebelum baligh adalah pelajaran yang mampu membentuk pola pikir dan pola sikapnya agar perilakunya senantiasa Islami. Kemudian mencerdaskan akalnya dengan tsaqofah Islam untuk meningkatkan taraf berfikirnya agar mampu menyelesaikan masalah manusia berdasarkan ketentuan Allah SWT dan RasulNya (syari’at Islam).

Kurikulum pendidikan yang berlandaskan aqidah Islam akan menempatkan posisi Al Qur’an sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Artinya, semua materi pelajaran diarahkan proses pembelajarannya berdasarkan petunjuk Al Qur’an, termasuk proses pembelajaran sains dan teknologi. Sehingga semua ilmu yang dipelajari mengarahkan peserta didik untuk bersyukur dan ta’at kepada Allah SWT, Sang Pencipta manusia dan alam semesta, sebagai pencipta dan pemberi rezeki manusia.

Oleh karena itu pelajaran Al Qur’an harus menjadi pelajaran utama, mulai dari menghafal Al Qur’an, membaca dan menulis Al Qur’an, bahasa Arab sebagai bahasa Al Qur’an, fiqih, tafsir, hadits, ushul fiqih dan lain-lain yang menunjang pemahaman terhadap Al Qur’an, serta penguasaan dan penggalian hukum-hukum syari’ah. Kemudian pelajaran sains dan teknologi posisinya sebagai materi penunjang, yang mengarahkan manusia membuat sarana dan prasarana yang membantu dan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan ini.

Penyusunan kurikulum harus memerhatikan level berfikir (usia) peserta didik, agar ilmu yang dipelajari dapat mudah dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian semua ilmu yang dipelajari akan berkontribusi untuk membangun kepribadian peserta didik.

Mata Pelajaran yang diajarkan di HSG SD Khairu Ummah adalah sebagai berikut :

  1. BAHASA
  • Bahasa Indonesia (diajarkan dan digunakan setiap hari sejak kelas 1)
  • Bahasa Arab (diajarkan dan digunakan setiap hari sejak kelas 1)
  • Bahasa Inggris (diajarkan mulai kelas 5)

2. TSAQAFAH ISLAM

  • Aqidah
  • Fiqih (Fiqih Mu’amalah, Fiqih Fardiyah/akhlak)
  • As-Sunnah
  • Siroh Nabwiyah
  • Tarikh (Shahabat, Tabiin dan para Khalifah)
  1. SAINSTEK
  • Matematika
  • Sain
  • Geografi (IPS, Ilmu Bumi dan PPKn)
  1. TAHFIZH
  • Hafalan Al Qur’an, target 1 juz setiap 1 tahun
  1. TAHSIN
  • Belajar membaca Al Qur’an secara tartil
  1. EKSKUL
  • Ekstra kurikuler berupa cooking, gardening, crafting dll.
Sekolah aktif 5 hari info
Anak anda sedang mengekplorasi dunia, dan Asyik bergelut di dalamnya...
“Jadilah Insinyur yang bisa menghapal Qur ’an, Jadilah Dokter yang bisa menghapal Qur’an Jadilah Pemimpin yang bisa menghapal Qur’an”
5.0.0
2018-03-14T09:56:08+07:00
“Jadilah Insinyur yang bisa menghapal Qur ’an, Jadilah Dokter yang bisa menghapal Qur’an Jadilah Pemimpin yang bisa menghapal Qur’an”
"Saya rekomendasikan kepada para Orang tua di Kab Cianjur untuk menyekolahkan putra-putrinya di Sekolah Tahfizh Khoiru Ummah"
2018-03-15T12:48:36+07:00
“Saya rekomendasikan kepada para Orang tua di Kab Cianjur untuk menyekolahkan putra-putrinya di Sekolah Tahfizh Khoiru Ummah”
“Khoiru Ummah tidak hanya mendidik anak, tetapi juga meningkatkan Kesadaran keluarga akan tugas manusia berdasarkan petunjuk Al-Qur’an.”
2018-03-15T12:59:21+07:00
“Khoiru Ummah tidak hanya mendidik anak, tetapi juga meningkatkan Kesadaran keluarga akan tugas manusia berdasarkan petunjuk Al-Qur’an.”
“Alhamdulillah di Cianjur ada HSG SD Khairu Ummah Pertama dan Utama yang pendidikannya berbasis Aqidah Islam yang InsyaAllah akan melahirkan...
2018-03-16T06:47:44+07:00
“Alhamdulillah di Cianjur ada HSG SD Khairu Ummah Pertama dan Utama yang pendidikannya berbasis Aqidah Islam yang InsyaAllah akan melahirkan generasi pemimpin yang akan membangun Peradaban Mulia ke depan”
10
1
× How can I help you?